SEKJEN FPE SBSI HADIRI EXCEKUTIVE COMMITTEE MEETING DI JENEVA

Dari Indonesia di hadiri oleh sdr Nikasi Ginting dan Prihanani (FSPMI) .

Ada yang unik dari kedua even tersebut,pertama : Women Meeting yang dihadiri mayoritas dari anggota ExComm ditambah some observer from Europe country , menghasilkan beberapa point penting yang disampaikan ke ExComm antara lain :

–     Memutuskan agar Women structure of industriALL segera ditindaklanjuti oleh anggota di masing-masing negara, region ataupun sub-region.

–       Menindaklanjuti program kerja Komite Women pusat sampai ke daerah-daerah/ negara terus ke sub-region

–   Berperan secara penuh women committee masing-masing negara , sub region dalam issu-issu ketenagakerjaan,dan melalui women committee industriALL , industriALL masing-masing anggota negara bersama Serikat Buruh makin tersosialisasi, dan kuat.

 

Perlu kami sampaikan juga bahwa pada tanggal 11 December 2012, bertempat di ruang IV ILO office Headquaters Geneva berlangsung rapat ExComm ASIA-PACIFIC EXCOMM industriALL yang di Coordinatory oleh Mr Koichiro Nishihara.Rapat ini berlangsung dari jam 09.00 – 12.30, dilanjutkan dengan makan siang bersama.

Adapun pembicaraan focus pada program industriALL sub region tingkat ASIA PACIFIC, dan beberapa mission yang dilakukan secretaris region ke New Zealand, Pakistan dan Vietnam.Yang bermuara pada bagaimana industriALL di tingkat ASIA lebih kuat dan berperan secara penuh dalam issu labour.

 

Pada tanggal 11 December 2012 pukul 13.00 – 18.00, berlangsung Women Meeting of industriALL, yang mana setiap peserta mempresentasikan situasi dan keadaan perempuan secara umum dan buruh perempuan secara khusus dan apa usaha-usaha yang sudah dilakukan dalam rangka mengemas meningkatkan kesejahteraan buruh dan “how to make power full of women worker’s”.Peserta dari Indonesia mendapat apreciate dari forum juga general Secretary of industriALL Mr Jirky Raina ,karena hanya dari peserta Indonesia yang persentasi dalam bentuk power point dan menjelaskan secara singkat , padat dan berisi tentang situasi dan keadaan women worker’s di Indonesia.Hal yang sama juga diikuti oleh sdri. Prihanani dari FSPMI dalam bentuk power point, sehingga pada saat penutupan acara peserta Indonesia mendapat tepuk tangan oleh beberapa keberhasilan dicapai oleh industriALL di Indonesia termasuk tingkat kenaikan upah tahun 2013 cukup significan sebesar Rp 2.2 juta.

 

Pada tanggal 12 dan 13 December 2012 berlangsung rapat Eksekutif Committee,beberapa agenda rapat dibicarakan ,karena sudah teragenda sejak rapat EXCOMM sebelumnya.Adapun agenda antara lain, rencana renovasi kantor industriALL Geneva, jika tetap menyewa maka kemungkinan besar ,besar sekali anggaran yang dibutuhkan sehingga tetap diputuskan agar direnovasi kantor yang dipakai sebelumnya.Juga tentang penambahan anggota ExComm dari sub –region for Africa yang diusulkan untuk dibahas di ExComm kedua kali ini.Dan beberapa agenda lainnya.

Dari hasil sidang rapat menyimpulkan bahwa ASIA khususnya Indonesia, yang senantiasa tetap di perkuat posisi industriALL dan peran aktif serta secara penuh untuk mempengaruhi kebijakan Pemerintah Indonesia dan dunia juga agar kesejahteraan buruh makin terlihat lewat industriALL. Dari program kerja kantor pusat IndustriALL akan mengunjungi Indonesia, pada tahun –tahun ini dan berikutnya, karena Indonesia berperan penuh dan mempengaruhi dunia, sehingga perlu saling bahu-membahu dalam peningkatan kesejahteraan buruh Indonesia, dan dunia secara umum.

Akhirnya kami sampaikan bahwa ada dari lobby dan pembicaraan yang kami lakukan selama ExComm berlangsung, yaitu membangun kemitraan lagi dengan federasi di Serikat Buruh Belgia lewat ACV/CSC sector Mining, chemical dan industri dan memperkuat posisi industriALL kedua negara tersebut. Yang kedua berdasarkan lobby yang difasilitsi oleh Sis Carol Bruce, Women Director of industriALL Geneva, untuk berdialoq dan meneruskan serta membangun kemitraan dengan CFMEU Australia.Dalam hal ini dari pembicaraan , fihak CMFEU akan mengundang FPE SBSI dalam program industriALL workshop mining pada bulan Pebruari atau awal Maret 2013.         

 

Sukses industriALL , hidup buruh tambang & energi SBSI !!!