KSBSI GERUDUK KANTOR MENTERI KEUANGAN

Dalam pertemuan tersebut baik Elly Rosita Silaban maupun beberapa federasi yang berafiliasi ke KSBSI megharapkan agar menteri keuangan tidak mengusulkan ke presiden terhadap kenaikan iuran BPJS Kesehatan khususnya terhadap peserta bukan penerima upah.

“Ekonomi Indonesia belum cukup baik, jikapun harus naik, kami harap angkanya tidak seperti yang baru diusulkan oleh DJSN” ungkap Elly kepada Ronald Pasaribu selaku perwakilan Menteri Keuangan.

Lebih jauh Elly Rosita Silaban mengungkapkan kekecewaannya karena tidak bia bertemu langsung dengan Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

“Kami berharap pada kesempatan lain, kami dapat bertemu dengan Ibu Sri Mulyani” pintanya pada Kepala Bidang Keungan, Ronald Pasaribu.

Usai pertemuan, perwakilan buruh meminta agar perwakilan Menteri Keuangan mau tampil didepan pengunjukrasa dan menjelaskan upaya-upaya yang sedang dilakukan Menteri keuangan terkait rencana kenaikan iuran BPJS Kesehatan.

GAGAL KE ISTANA

Awalnya para buruh dibawah payung KSBSI berencana  akan melakukan aksi unjukrasa ke Istana Negara untuk menyampaikan hal yang sama . Selain isu iuran BPJS awalnya para pengunjukrasa juga berniat memprotes pemerintah terkait dikeluarkannya Peraturan Menteri Tenaga Kerja RI nomor 11 tahun 2019 tentang Perubahan Kedua Atas Permenakertrans No.19 tahun 2012 tentang Syarat-syarat Penyerahan Sebagian Pelaksanaan Pekerjaan kepada perusahaan lain serta Kepmenaker nomor 228 tahun 2019 tentang Jabatan Tertentu yang dapat diduduki oleh tenaga kerja asing.

Karena situasi yang tidak kondusif dimana saat ini beberapa jalan menuju istana negara di blokir oleh aparat keamanan karena pada saat yang sama sedang berlangsung juga aksi unjukrasa dilakukan baik oleh Mahasiswa, pelajar  dan masyarat umum.

“ Kita tidak dapat melanjutkan unjukrasa ke Istana Presiden, karena saat ini jalan-jalan menju Istana di blokir oleh aparat keamanan, dan kita tidak mau terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan, untuk itu semua peserta unjukrasa KSBSI dari Tangerang, Bogor dan Jakarta agar kembali ketempat masing-masing “ ungkap Korlap melalaui pengeras suara yang dipancarkan melalui mobil komando.

Pukul 14.00 Wib semua peserta unjukrasa perlahan-lahan meninggalkan kantor Menteri Keuangan yang terletak di jalan DR. Wahidin.(rl)Email : dpp.fpe@gmail.com