Freeport Siap Tambah Kuota Ekspor

Sebelumnya, PT Freeport Indonesia (PTFI) berencana menambah kuota ekspor pada 2019.  Penambahan kuota ekspor tersebut diajukan, sebab Freeport masih mempunyai stok di open pit yang bisa digunakan.

“Ada rencana mengajukan kuota ekspor, tapi belum tahu berapa besarnya dan belum tau kapan,” kata Juru Bicara PTFI, Riza Pratama, di Jakarta, seperti ditulis Kamis, 9 Mei 2019.

Dia menuturkan, saat ini pihaknya masih menghitung besaran tambahan kuota ekspor yang bakal diajukan. Besaran pengajuan kuota tersebut, lanjut Riza,  selain dipengaruhi oleh stok yang ada perusahaan juga masih menunggu minat pasar ekspor.

“Kalau yang minat atau standby buyer pasti ada. Makanya besarannya berapa tetap perlu kami hitung,” ujar Riza.

Terkait pasar ekspor, kata Riza, saat ini PTFI masih mengandalkan pasar-pasar konvensional, seperti China, Jepang dan Korea Selatan. 

“Mereka punya smelter juga, Cina, Jepang, India, Korea. Itu pasar pasar ekspornya,” tutur Riza.

Konsentrat yang diekspor oleh Freeport memang menjadi salah satu pasokan konsentrat terbesar bagi negara-negara industri tersebut.

Pada 2019, PTFI mendapatkan jatah produksi sebesar 1,2 juta ton konsentrat. Hasil produksi tersebut digunakan perusahaan untuk memenuhi kapasitas smelter dalam negeri. Sedangkan sisanya diekspor.(sumber : Liputan.6.com)