Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

PK FPE KSBSI PT Freeport Indonesia Sukses Laksanakan RUAK II
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi
 

Seratus lebih peserta dan undangan menghadiri acara Rapat Umum Anggota Komisariat ,Federasi Pertambangan dan Energi Federasi Pertambangan dan Energi, PT Freeport Indonesia (RUAK PK FPE PT FI) yang dilaksanakan di aula Multimurpose, Kuala Kencana, Timika, Papua, Senin-Selasa, 23-24 Mei 2022.

Hadir dalam acara pembukaan RUAK tersebut antara lain, Sekertaris Disnaker Mimika, Santi Sondak, Vice Presiden Devisi Industrial Relations, Demi Magai, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Verry K Boekan, Tonggoi Papua, Yones Mayau, Jajaran DPP FPE KSBSI dan beberapa perwakilan PK FPE yang berada dilingkungan PT Freeport.

Beberapa PK lain yang hadir dalam undangan pembukaan RUAK II PT Freeport Indonesia antara lain, PK FPE PT. Kuala Pelabuhan Indonesia, PK FPE PT. Pangan Sari Utama, PK FPE PT. Sandvik, PK FPE PT. AVCO dan PK FPE PT. Mahaka.

Dalam kata sambutannya Ketua Umum DPP FPE KSBSI , Riswan Lubis menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan PT Freeport yang telah mensuport kegiatan RUAK II FPE KSBSI PT Freeport Indoensia.

Selain itu Riswan juga menambahkan :

“Saya bangga menjadi bagian dari keluarga FPE KSBSI, apalagi pada perundingan PKB yang terakhir, FPE KSBSI PT Freeport menjadi yang terbesar”. Ungkap Riswan

“Namun saya meminta kepada seluruh pengurus dan anggota FPE KSBSI di PT Freeport  walaupun kita menjadi yang terbesar, tetaplah rendah hati dan tidak sombong” tutup Riswan.

RUAK yang dilaksanakan oleh PK FPE PT Freeport adalah RUAK yang termegah dilingkungan keluarga FPE dengan menghabiskan lebih dari 100 juta.

Dalam rangkaian kegiatan RUAK tersebut panitia mengatur berbagai jadwal acara layaknya sebuah KONGRES FPE.

ALBERT JANAMPA

Albert Janampa yang telah dua kali memimpin PK FPE PT Freeport mencoba mencalonkan kembali menjadi Calon Ketua PK untuk 3 tahun berikutnya. Sayangnya 2/3 yang menjadi syarat awal untuk dapat dicalonkan ternyata tidak terpenuhi.

 

Hasil pemilihan Ketua PK FPE PT Freeport Indonesia

Walaupun Albert Janampa tidak lagi dapat mencalonkan sebagai Ketua PK FPE PT Feeport periode : 2022-2025, namun banyak calon-calon lain yang ingin ikut membesarkan FPE KSBSI.

Tujuh calon Ketua yang melamar sebelum RUAK dilaksanakan 5 diantaranya memutuskan untuk bersaing. Kelima calon ketua tersebut adalah  Frederik Magai, Demianus Mambraku, Hermanus Magai, Makmesar  Kafiar dan Michael Beanal.

Dalam pemungutan suara yang disiapkan panitia pada hari kedua (24 Mei 2022) terpilih Makmeser Kafiar  dengan perolehan suara tertinggi.

Sementara untuk jabatan Sekertaris PK FPE KSBSI PT Freeport, tidak satupun ada calon yang menawarkan diri. Selanjutnya dengan suara bulat peserta mengajukan saudara John Howay diangkat kembali sebagai Sekertaris PK FPE PT Freeport periode : 2022-2025.

Sementara untuk jabatan Bendahara, berdasarkan rapat tim formateur yang dibentuk memutuskan sdra. Albert Mayor dipercaya kembali sebagai Bendahara PK FPE PT Freeport untuk periode 2022-2025.

Selanjutnya formateur juga berhasil menyusun beberapa bidang dilevel PK untuk membantu mengembangkan PK FPE PT Freeport. Beberapa bidang yang dibentuk oleh tim formateur adalah : Bidang Organisasi, Bidang Advokasi & Hubungan Industrial, Bidang Kesra, Bidang Konsolidasi, Bidang Pelatihan & Pengembangan, Bidang k3LH, Bidang Kesetaraan Gender dan Bidang Kominfo.

Ketua Terpilih :Makmesar Kafiar

 PESERTA PUAS DENGAN PROSES DEMOKRASI

Usai pelaksanaan RUAK, terlihat para peserta merasa puas dengan proses demokrasi yang berjalan.

“Kami merasa puas dan bangga dengan proses demokrasi yang berjalan di RUAK II FPE KSBSI” ujar salah seorang anggota  usai mengikuti kegiatan RUAK.

“Berharap organisasi lain dapat belajar dari PK FPE PT Freeport tentang proses pergantian pengurus” tutupnya.

Sementara itu Makmesar Kafiar telah meminta Abert Janampa untuk bersedia sebagai penasehat PK FPE PT Freeport.

“Kami sudah memutuskan pak Albert sebagai penasehat organisasi”ungkapnya.