Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

JELANG AKHIR TAHUN, KSBSI LAKSANAKAN RAKERNAS
Publish date: 17 Dec 2020, Author : fpesbsi
 

Akhirnya Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) akhirnya dapat melaksanakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas). Pelaksanaannya Rakernas KSBSI yang melibatkan 10 Federasi dan 19 Korwil kSBSI tersebut dilaksanakan pada, 11-13 Desember 2020,bertempat dihotel Bumi Wiyata, Depok, Jawa Barat.

Masih tingginya penyebaran Virus Corona, membuat beberapa tamu penting tidak bisa hadir secara langsung dalam acara pembukaan Rakernas KSBSI. Menteri Tenaga Kerja RI Ida Fauziyah menyampaikan kata sambutan melalui Virtual, begitu juga dengan Kapolda Metro Jaya, Irjen Fadil Imran juga menyampaikan kata sambutan secara virtual

Dalam acara Rakernas yang melibatkan berbagai perangkat organisasi baik dareah dan nasional dibahas berbagai hal yang saat ini sedang berkembang. Salah satu hal yang dianggap penting yakni terkait upaya-upaya KSBSI dan Federasi-federasi dalam melakukan perlawanan terhadap UU Cipta Kerja yang terakhir diberi nomor UU No.11/2020, UU Cipta Kerja.

Corona tidak menyurutkan semangat untuk terus berjuang

“Kita melakukan upaya perlawanan lanjutan dengan melakukan Judicial Riview terhadap UU No.11/2020 tentang Cipta Kerja melalui Mahkamah Konstitusi, Seharusnya bulan lalu kita sduah melakukan sidang pertama secara Virtual, namun karena satu dan lain hal, persidangan tersebut ditunda dan akan dilanjutkan pada, 16 Desember 2020” ujar Eli Silaban selaku Presiden KSBSI.

Federasi Pertambangan dan Energi yang memaparkan Progres Report terkait federasinya. NikasiGinting menjelaskan bahwa Agustus 2021 PT Chevron khususnya blok Rokan akan mengakhiri kontraknya dengan pemerintah Indonesia.

“Kami pada pertengahan Nopember 2020 kemarin bersama Korwil KSBSI Riau bertemu dengan Gubernur Riau. Dalam pertemuan tersebut kami meminta agar Gubernur memperjuangkan agar para buruh Chevron nanti bisa dijamin bekerja di PT Pertamina sebagai perusahaan yang melanjutkan pengelolaan blok Rokan”. Ujar Nika