Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

Jakarta
Publish date: 29 Aug 2016, Author : fpesbsi
 

GEBER BUMN LAKSANAKAN KONSOLNAS

Gerakan Bersama Buruh Badan Usaha Milik Negara ( GEBER BUMN )  melakukan Konsolidasi Nasional ( Konsolnas ). Konsolnas kali ini dilaksanakan di Wisma Graha Wisata, Ragunan, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada, 13-14 Agustus 2016. Beberapa peserta daerah yang hadir dalam acara Konsolnas tersebut yakni, Medan, Kalimantan Barat, Palu, Bali, Banten dan Jabodetabek.

Mereka berasal dari beberapa perusahaan OS dibeberapa vendor seperti, PLN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Krakatau Steel dan Indofarma.

Beberapa pembicara dihadirkan dalam pertemuan tersebut seperti Dedi Yusuf dan Retno dari Kementerian Tenaga Kerja.

Dalam pembicaraan dengan Dedi Yusuf yang bersangkutan menyampaikan, bahwa beliau akan berusaha dalam waktu dekat untuk dapat melaksanakan Rapat Kerja Gabungan ( Rakergab ) antara Komisi VI, IX, Menteri BUMN, Menaker, Jaksa Agung  serta direksi-direksi BUMN.

Retno ( perwakilan KeMenaker ), Arionto Timbul ( SP PLN ), Fauzi ( LBH ) memberikan dukungan terhadap perjuangan

“ Saya akan usahakan untuk bisa melaksanakan Rakergab “ tuturnya kepada peserta Konsolnas yang berjumlah 40 orang.

“Saya juga akan mencoba mempublikasikan isu OS BUMN ke Media” ungkap Dedi Yusuf. 

Sementara itu Ais selaku Koordinator GEBER BUMN mengharapkan jika Rakergab dapat dilaksanakan maka diharapkan dapat mengundang GEBER BUMN dan federasi-federasi yang tergabung dalam Geber BUMN.

Tema yang diangkat dalam Konsolnas Geber BUMN adalah “ Satukan Potensi dan Kekuatan, Terjang BUMN Demi Kepastian Pekerjaan Yang Layak “.

Perwakilan Federasi Pertambangan dan Energi yang hadir dalam Konsolnas kali ini hanya diwakili dari perwakilan PLN Palu, yakni, Debora Magau, Kristovel Siolemba dan Arianto Wunte.

“ Kami berharap permasalahan yang terjadi didaerah, terutama Palu, Sulawesi Tengah dapat diperjuangkan oleh Geber BUMN “ ungkap Debora .

“ Kami berharap Rakergab dapat segera dilaksanakan dalam waktu dekat ini “ pinta Arianto.

BERTEMU DENGAN STAFF PRESIDEN RI

Pada Hari Selasa 16 Agustus 2016 rombongan GEBER BUMN diterima  Deputi Kepresidenan RI  IFDHAL KARIM, Koodinator GEBER  BUMN Achmad Ismail ( Ais ), dari FPE turut serta Sekjen DPP FPE Nikasi Ginting, serta Debora ( poerwakilan ) FPE Sulawesi Tengah.

Dalam pertemuan tersebut Ais mengatakan tentang   berlarut-larutnya persolan OS BUMN yang sampai saat ini belum terlihat upaya yang serius dari pemerintah. Ais menambahkan bahwa tenaga OS telah dikontrak bertahun-tahun bahkan sampai puluhan tahun, namun tidak ada pengangkatan. “ Hal ini bertentangan dengan UU Tenaga Kerja No. 13 tahun 2003 “ ungkap Ais kepada Ifdhal selaku DEPUTI V BIDANG KAJIAN DAN PENGELOLAAN ISU POLITIK,HUKUM ,PERTAHANAN KEAMANAN DAN HAM STRATEGI DAN ALIANSI  .

Perwakilan GEBER BUMN bertemu dengan  Ifdhal Karim, Deputi V Bidang Kajian dan Pengeloalan isu politik, hukum, pertahanan keamanan  dan Ham strategi dan Aliansi

Koordinator GEBER Bumn mengatakan modus lainnya yakni melakukan outsourcing lewat mekanisme Pemborongan pekerjaan.Dengan begitu,pekerjaan inti diborongkan kepada perusahaan lain.Hal itu dilakukan BUMN dengan alasan sudah sesuai aturan.Berbagai masalah outsoursing itu diperburuk lemahnya pengawasan Pemerintah.

Sementara itu Nikasi dan Debora mengungkapkan persoalan yang terjadi di PT PLN wilayah Palu, Sulawesi Tengah. Contoh masalah yang terjadi saat ini PHK 12 tenaga kerja Pada PT.PLN (Persero) Area Palu Rayon Kota secara sepihak serta 69 Tenaga Kerja  Bagian Administrasi akan dialihkan kekontrak Security dan Cleaning servis tetapi pekerjaan tetap Administasi.

Mendengar penjelasan tersebut Ifdhal mengharapkan para perwakilan GEBER BUMN melampirkan data-data yang dipermaslahkan. “ Harap data-data yang menjadi keluhan rekan-rekan diberikan kepada saya, kami akan mencoba berkordinasi dengan kementeraian BUMN “ ungkap Ifdhal menutup pertemuan. ( Db/NK)