Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

Gelombang 2 TKA China Tiba di Sultra, Massa Aksi Dipukul Mundur Polisi
Publish date: 08 Jul 2020, Author : fpesbsi
 

Gelombang kedua tenaga kerja asing (TKA) asal China yang akan bekerja di pabrik tambang di Sulawesi Tenggara (Sultra) telah tiba di Bandara Haluoleo. Massa yang berunjuk rasa menolak kedatangan TKA dipukul mundur polisi.

Pantauan detikcom di lokasi aksi, tepatnya di jalur alternatif menuju Bandara Haluoleo, Konawe Selatan (Konsel), Selasa (30/6/2020), hingga pukul 21.50 Wita massa aksi masih bertahan di pertigaan Jalan Poros Konda menuju Bandara Haluoleo.

Sekitar pukul 22.00 Wita, iring-iringan rombongan TKA China dengan dikawal polisi tampak keluar dari Bandara Haluoleo melalui jalur alternatif di Kecamatan Konda, Konsel. Di saat itu pula polisi dengan sigap langsung memukul massa aksi yang bertahan di pintu masuk jalur alternatif bandara.

Massa aksi tolak kedatangan TKA China di Kendari dipukul mundur polisi. (Sitti/detikcom)

[Berita Lengkap...]

 

Data Ekonomi Asia dan Eropa Cungkil Harga Minyak Dunia
Publish date: 08 Jul 2020, Author : fpesbsi
 

Harga minyak mentah dunia naik hingga 3,1 persen pada penutupan perdagangan Senin (30/6). Penguatan harga minyak ini ditopang oleh data ekonomi di Asia dan Eropa.

Mengutip Antara, Selasa (30/6), harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Agustus naik 69 sen atau 1,7 persen menjadi US$41,71 per barel di London ICE Futures Exchange.

Sementara, harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus menguat US$1,21 atau 3,1 persen menjadi US$39,7 per barel di New York Mercantile Exchange.

Data Komisi Eropa menunjukkan ada perbaikan di seluruh sektor pada Juni 2020. Dari segi sentimen, posisinya naik dari 67,5 pada Mei 2020 menjadi 75,7 pada Juni 2020.

Sementara, keuntungan industri di China meningkat untuk pertama kalinya setelah enam bulan terus menurun. Realisasi ini menunjukkan pemulihan ekonomi sedang terjadi di China.

Ditambah, bursa saham Amerika Serikat (AS) juga menguat pada Senin (29/6). Hal itu menambah sentimen positif bagi harga minyak mentah dunia.

 

Harga minyak Brent naik 1,7 persen menjadi US$41,71 dan WTI naik 3,1 persen menjadi US$39,7 per barel usai data ekonomi menunjukkan perbaikan. (CNN Indonesia/Agus Triyono).

[Berita Lengkap...]

 

DPC FPE KSBSI KAB, MIMIKA. MEMBUKA PELAYANAN PENGADUAN DAMPAK COVID -19 BAGI SELURUH KARYAWAN DI KAB. MIMIKA.
Publish date: 01 Jul 2020, Author : fpesbsi
 

Ketua DPC FPE KSBSI Kab,Mimika. Marjan Tusang, S.H.,M.H. saat temui awak Liputan4, di ruang kerjanya Jumat, (19/6/2020) menyampaikan, DPC FPE Kab Mimika, telah membuka posko Pengaduan karyawan bagi Buruh kontraktor, Privatisasi, maupun karyawan PT Freeport Indonesia yang terkena dampak Covid 19.

“Dampak Pandemi Covid- 19, ini masih ada beberapa perusahaan nakal yang tidak meleksanakan surat edaran kementerian tenaga kerja sehingga mengakibatkan kerugian bagi para buruh/ karyawannya.

Oleh sebab itu kami selaku peringkat organisasi Serikat buruh di Kabupaten Mimika, membuka posko pengaduan agar para buruh dapat melaporkan setiap persoalan atau kerugian yang dialaminya yang mengakibatkan tindakan/keputusan pihak perusahaan yang semena-mena tanpa melakukan koordinasi dengan pihak Union.

“Kami menerima pengaduan dari para buruh yang hak- haknya tidak bayar, Stranded / tertahan di Timika dan di luar Timika, Medical High Risk, (Riwayat sakit), Voluntary Leave ( cuti sukarela), harapan kami pemerintah daerah melalui Dinas Tenaga Kerja Kab, Mimika. dapat memfasilitasi persoalan ini dengan baik agar tidak merugikan karyawan dan apabila terbukti bahwa perusahaan semena-mena tidak memberikan hak-hak para buruh agar diberikan sanksi administrasi untuk membuat efek jera bagi perusahaan itu sendiri.

“Kami tegaskan bahwa pengaduan para buruh yang telah melaporkan pengaduannya, Tim Advokasi DPC FPE yang akan mengawal keluhan para Buruh hingga tuntas.

 

Ketua Dpc, Fpe Kab, Mimika. Marjan Tusang, SH,. MH.  Saat ditemui di ruang kerjanya,   Jumat,    (19/6).         (foto: Makatita)

[Berita Lengkap...]

 

Pemerintah Undang Tokoh Buruh Serap Masukan Untuk RUU Ciptaker
Publish date: 01 Jul 2020, Author : fpesbsi
 

MENTERI Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengundang para pimpinan serikat pekerja atau serikat buruh untuk berdialog dalam rangka menghimpun masukan terkait Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja. Ini adalah pertemuan kedua yang dilakukan pemerintah dengan kalangan buruh.Pertemuan itu dihadiri oleh para tokoh serikat pekerja. Antara lain, Andi Gena Nuna Wea Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea, Ketua Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal, Ketua Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Elly Rosita, dan pimpinan serikat pekerja lainnya.

Dari pihak pemerintah selain Mahfud MD sebagai tuan rumah, hadir Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziah, dan Kepala Kantor Staf Presiden Moeldoko.“Pertemuan ini agar kita bisa saling bertukar pikiran mengenai Omnibus law tenaga kerja. Dengan keyakinan bahwa dengan pikiran yang sama untuk dapat meningkatkan martabat dan kesejahteraan tenaga kerja” ujar Mahfud.Airlangga menambahkan, Pemerintah telah mengambil langkah langkah penting dalam kesehatan. Karena kesehatan menjadi pusat isu dari pandemik yang berdampak sangat luas bagi pekerja.

 

[Berita Lengkap...]

 

DBS dan Temasek Foundation Berikan Ribuan Makanan Siap Saji untuk Pekerja Lepas dan Masyarakat Terdampak
Publish date: 24 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

Temasek Foundation (TF) bekerja sama dengan Bank DBS Indonesia memberikan bantuan makanan siap saji bagi pekerja harian lepas dan masyarakat terdampak wabah COVID-19. Penyerahan bantuan itu dilakukan secara simbolis oleh Temasek Foundation kepada Bank DBS Indonesia melalui konferensi video dan disaksikan Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia pada Kamis (4/6).

Bantuan itu akan disalurkan melalui Foodbank of Indonesia (FOI) dan Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI). Bantuan terdiri atas 3.700 porsi makanan, yang disalurkan melalui FOI, dan 1.400 paket sembako atau setara dengan lebih dari 66.000 porsi makanan. Melalui KSBSI, bantuan akan disalurkan di Provinsi DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat.

“Ini adalah masa sulit. Penting bagi negara, masyarakat dan komunitas bersatu padu dalam menghadapi tantangan yang ditimbulkan COVID-19. Dalam kaitan itu, kerja sama TF dengan Bank DBS Indonesia menyatukan dua lembaga, yang masing-masing memiliki rekam jejak baik dalam melakukan kerja sama aktif dengan komunitas di Indonesia,” ujar Duta Besar Singapura untuk Indonesia H.E Anil Kumar Nayar Jumat (5/6).

Nayar mengatakan, bantuan dari TF dan Bank DBS Indonesia juga mencerminkan semangat gotong royong, dan akan melengkapi upaya bisnis lain dan lembaga masyarakat, termasuk yang memiliki kaitan dengan Singapura, dalam membantu masyarakat Indonesia yang terdampak COVID-19.

Presiden Direktur PT Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna menyampaikan, kerja sama Bank DBS Indonesia dengan berbagai pihak diharapkan mendorong semakin banyak pihak lain ikut membantu masyarakat terdampak wabah COVID-19.

“Semangat DBS Group, ‘Stronger Together’, diterjemahkan ke dalam bentuk gotong-royong dan berbagi untuk mengurangi dampak wabah COVID-19. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menyalurkan bantuan kepada pekerja harian lepas, yang menghadapi tantangan berat selama wabah COVID-19 ini,” katajak Sutisna.

 

Dijembatani oleh Kedutaan Besar Singapura untuk Indonesia, Temasek Foundation bergabung dengan Bank DBS Indonesia dalam kampanye DBS Stronger Together Fund

[Berita Lengkap...]

 

DAMPAK CORONA,FPE KSBSI SORONG SERAHKAN BANTUAN
Publish date: 22 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

DPC FPE KSBSI Kabupaten Sorong, Papua Barat,Senin, 8 Juni 2020 menyerahkan bantuan social kepada masyarakat kurang mampu. Penyerahan bantuan ini dkarenakan semakin sulitnya kehidupan masyarakat kelas bawah pasca pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Jhoni Siturus bahwa bantuan social ini diberikan kepada para janda, duda dan nelayan.

“Kami memberikan bantuan kepada 6 Kampung yang ada disekitar Petrogas (basin) dan masing-masing Kampung kami siapkan 25 paket bantuan” ujar Sitorus.

“Keenam Kampung dimaksud adalah; Kampung Seget,Kampung Malabam, Kampung Klayas, Kampung Kasimle, Kampung Pulau Kasim dan Kampung Sakarum”. Tambah Siturus.

Lebih jauh Sitorus menambahkan bahwa acara serimonial dilakukan dikampung Seget, dengan dihadiri Korwil KSBSI Papua Barat Musa dan Sekertaris DPC FPE Kab. Sorong, Rantony.

Menurutnya, masing-masing paket sembako yang diserahkan tersebut terdiri dari beras, gula, Mie, dan minyak goreng.

 

Penyerahan paket Sembako oleh Sekertaris DPC FPE KSBSI Kab. Sorong dan Korwil KSBSI Papau Barat

[Berita Lengkap...]

 

Peserta Tapera yang Bisa Punya Rumah Upahnya di Bawah Rp 8 Juta
Publish date: 19 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat atau BP Tapera menyebut sejumlah kriteria atau persyaratan bagi peserta yang ingin memiliki rumah yakni memiliki penghasilan maksimal Rp 8 juta dan belum pernah memiliki rumah pribadi.

"Peserta yang memenuhi kriteria masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yaitu berpenghasilan maksimal Rp 8 juta dan belum memiliki rumah berhak mengajukan manfaat pembiayaan perumahan dengan bunga murah untuk membeli rumah menggunakan skema KPR berdasarkan prioritas yang akan ditetapkan oleh BP Tapera sesuai dengan kriteria yang tercantum dalam PP Penyelenggaraan Tapera," ujar Deputi Komisioner BP Tapera Eko Ariantoro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu, 3 Juni 2020.

 

Seorang warga menjemur padi hasil panen di kawasan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) Universitas Negeri Siliwangi (Unsil) di Tamansari, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Jumat 1 Mei 2020. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengalihfungsikan sementara rusun mahasiswa tersebut sebagai tempat istirahat bagi para tenaga kesehatan yang menangani pasien COVID-19. ANTARA FOTO/Adeng Bustomi

[Berita Lengkap...]

 

FTA Berlaku 4 Juli, Indonesia Akan Kebanjiran Barang dari Hong Kong?
Publish date: 15 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

Pemerintah Hong Kong merilis informasi terkait bagian yang berkaitan dengan Pemerintah Indonesia di bawah Perjanjian Perdagangan Bebas (Free Trade Agreement/FTA) dan Perjanjian Investasi (Investment Agreement/IA) antara Hong Kong, Cina, dengan ASEAN akan mulai berlaku pada 4 Juli mendatang.

“Mengenai perdagangan barang di bawah FTA, Indonesia akan secara progresif mengurangi dan menghapus bea barang-barang yang berasal dari Hong Kong,” kata juru bicara pemerintah SAR Hong Kong, Rabu(3/6).

Komitmen tarif yang dibuat oleh Indonesia mencakup berbagai jenis komoditas Hong Kong, di antaranya perhiasan, pakaian dan aksesori pakaian, arloji dan jam serta mainan.

Pada perdagangan jasa, penyedia layanan Hong Kong akan menikmati peluang bisnis yang lebih baik dan kepastian hukum dalam akses pasar untuk berbagai sektor jasa di Indonesia di bawah FTA.

Hal tersebut meliputi sektor jasa Hong Kong yang memiliki kekuatan tradisional atau memiliki potensi untuk pengembangan, seperti layanan bisnis, jasa konstruksi dan teknik terkait, serta jasa terkait pariwisata dan perjalanan, menurut juru bicara itu.

 

[Berita Lengkap...]

 

Harga jual batubara diprediksi masih suram, ini penyebabnya menurut analis
Publish date: 10 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

Harga batubara sempat merangkak naik sepanjang Mei 2020 meski kembali memperlihatkan tanda-tanda penurunan pada pengujung bulan ini. Pada akhir April lalu, harga batubara ICE Newcastle untuk kontrak pengiriman bulan Agustus 2020, berada di level US$ 54,45 per ton.

Kemudian, harganya naik secara perlahan hingga mencapai US$ 57,35 per ton pada 26 Mei 2020. Sayangnya, harga batubara ICE Newcastle kembali merosot pada dua hari perdagangan berikutnya dan ditutup di level US$ 55,55 per ton pada 28 Mei 2020.

 

 

 

ILUSTRASI. Foto udara tempat penumpukan sementara batu bara di Muarojambi, Jambi.

[Berita Lengkap...]

 

PK FPE KSBSI PT FI : “PT FREEPORT HARUS TETAP PRODUKSI”
Publish date: 05 Jun 2020, Author : fpesbsi
 

Pengurus Komisariat, Federasi Pertambangan dan Energi, PT Freeport Indonesia , (PK FPE PT FI) baru saja melakukan audensi dengan Disnakertrans Kabupaten Mimika, Papua.

Yang menarik audensi yang kali ini dilakukan di hotel Hotel Grand Mozza Timika, pada,15 Mei 2020.Hal ini dilakukakan karena belum meredanya Covid 19.

Hadir dalam audensi ini beberapa perwakilan PK FPE KSBSI PT Freeport. Meraka adalah,  Marjan Tusang, SH. M.H, Yunus Y. Howay,  Makmeser Kafiar,Albertus Mayor, Barselius Werimon, Lodevikus Woersok,, Arianto Kanan, SH , Buce Pattikawa, F. Tom Jones Hutapea , dan Abdon D. Imbiri .

Sementara itu dari Disnakertrans Kab. Mimika langsungdihadiri oleh Kadisnaker Kab. Mimika, Ronny S. Marjen, S.STP, MH.

Dalam audensi tersebut para pemimpin Federasi Pertambangan dan Energi PT Freeport ingin mendapatkan masukan serta memberikan masukan terkait kondisi karyawan PT Freeport pasca merebaknya Covid-19.

Ternyata saling bertukar informasi terkait Covid-19 di Freeport bukan hanya kebutuhan para pengurus serikat, Disnakertrans Kab. Mimika juga membutuhkan informasi terkait kondisi lapangan.

Kadisnakertrasn: “Apakah masih berdesak-desakan di dalam bis dan di tramp ?”

[Berita Lengkap...]