Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

Kontrubusi Minim, DPR Minta Pemerintah Tak Perpanjang Kontrak PT Inco
Publish date: 16 Jun 2022, Author : fpesbsi

ANGGOTA komisi VII DPR RI Bambang Hariadi meminta agar pemerintah tidak memperpanjang kontrak karya menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK) PT Vale Indonesia (Inco) yang bakal berakhir 28 Desember 2025 mendatang. Hal ini disebabkan kontribusi PT Inco untuk pemerintah dan masyarakat sangat minim.

Hal ini tersebut disampaikan Bambang saat rapat kerja dengan Dirut PT Asahan Aluminium, Dirut PT Vale Indonesia, Dirut PT Mind ID, dan Dirut PT Antam, di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, kemarin.

Oleh karena itu, kata Bambang, komisi VII DPR RI bakal membentuk panitia kerja (panja) guna mengevaluasi izin kontrak karya INCO yang beroperasi di wilayah Sulawesi sejak tahun 1968 itu.

Dengan demikian, dia meminta pemerintah untuk tidak memproses perpanjangan KK menjadi IUPK yang diajukan INCO.

“Kesimpulan rapat ini bersifat mengikat, kami akan meminta pemerintah melalui Ditjen Minerba untuk melarang atau meniadakan proses perpanjangan yang diajukan PT Vale Indonesia selama Panja masih bekerja,” kata Bambang dalam keterangan tertulis, Senin (6/6).

Ilustrasi :Pertambangan

[Berita Lengkap...]

 

BPJS Kesehatan Hapus Kelas 1-3 di Juli, Tarifnya Jadi Segini?
Publish date: 16 Jun 2022, Author : fpesbsi

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berencana menghapus kelas 1, 2, dan 3 yang selama ini berlaku. Kini kelas standar, termasuk tarif tunggal, mulai diberlakukan pada Juli 2022.

Ketua Komisi Kebijakan Umum DJSN Iene Muliati menjelaskan, regulasinya masih disiapkan dan ditargetkan selesai akhir Juni ini. Mengenai perhitungan tarif untuk rumah sakit dan besaran iuran untuk masyarakat, juga masih dalam tahap pembahasan.

"Pembiayaan masih dalam proses," kata Iene kepada CNBC Indonesia.Pada Juli nanti, Iene menyebut akan berlaku di beberapa rumah sakit (RS) sambil melihat implementasi dan persiapan dari RS lainnya.

"Rencana implementasi tetap sesuai dengan yang telah disampaikan sebelumnya. Dimulai bulan Juli 2022 di rumah sakit vertikal dengan 9 kriteria (Dari 12 kriteria) terlebih dahulu," jelasnya.

Secara paralel, Kementerian Kesehatan dan DJSN bersama-sama melaksanakan assessment atau penilaian terhadap persiapan infrastruktur rumah sakit, dengan melibatkan asosiasi profesi, asosiasi rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya.

 

Ilustrasi

[Berita Lengkap...]

 

Ketika Harga Batu Bara Selangit, Upah Buruh Tambang di Kaltim Cuma Naik Seiprit
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi

Batu bara menjadi komoditas energi yang terbang tinggi sepanjang 2021. Sayangnya, harga emas hitam yang kian prima tidak diiringi kenaikan upah buruh sektor pertambangan di Kaltim. Beragam faktor yang melatarbelakangi ketimpangan tersebut. 

Senin, 9 Mei 2022, Badan Pusat Statistik (BPS) Kaltim melaporkan hasil Survei Angkatan Kerja Nasional Februari 2022. Upah pekerja sektor pertambangan dan penggalian di Bumi Etam naik 0,95 persen dibanding Februari 2021. Kenaikan upah tersebut jauh lebih rendah dibanding sektor yang lain. Upah pekerja dari lapangan pekerjaan real estate, misalnya, mengalami kenaikan tertinggi yaitu 23,94 persen. Di posisi kedua adalah upah buruh sektor informasi dan komunikasi yang naik 20,10 persen. 

Masih menurut BPS Kaltim, upah buruh dari lapangan pekerjaan pertambangan dan penggalian per Februari 2022 adalah Rp 4,33 juta. Angka tersebut diperoleh dari upah buruh laki-laki sebesar Rp 4,32 juta dan pekerja perempuan Rp 4,57 juta. Dengan demikian, kenaikan upah 0,95 persen tadi sama dengan tambahan sekitar Rp 41 ribu. 

Kepada kaltimkece.id, Pelaksana Tugas Kepala BPS Kaltim, Nur Wahid, menjelaskan mana-mana buruh dari sektor pertambangan dan penggalian. Pekerja sektor pertambangan adalah dari migas dan bukan migas atau mineral, termasuk batu bara. Adapun pekerja sektor penggalian seperti penggali tanah urug, pasir, batu, serta gunung. Wahid melanjutkan, batu bara merupakan komoditas tertinggi penyumbang sektor pertambangan dan penggalian di Kaltim

Banyak Faktor Penyebabnya

Kenaikan upah yang "seiprit"terjadi ketika harga batu bara selangit. Harga batu bara acuan (HBA) sepanjang 2021 dapat menggambarkannya. Pada Desember 2020, HBA masih terseok di USD 59,65 per ton sementara pada Desember 2021 sudah USD 159,79 per ton. Harga komoditas ini sudah naik nyaris tiga kali lipat sepanjang 2021 dan terus membaik selama kuartal pertama 2022. 

 

Ilustrasi : Batu Bara

[Berita Lengkap...]

 

Ingat Tak Perlu Tunggu 56 Tahun, Simak Aturan Lengkap Pencairan JHT Terbaru
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi

Pemerintah telah menerbitkan aturan terbaru terkait Jaminan Hari Tua (JHT). Lewat aturan ini peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengundurkan diri atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) bisa mengklaim manfaat JHT tanpa menunggu usia 56 tahun. Aturan JHT kini tertuang dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) Nomor 4 Tahun 2022 tentang Tata Cara dan Persyaratan Pembayaran Manfaat Jaminan Hari Tua. Beleid ini diteken Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada 26 April 2022.

Seperti diketahui, pada aturan sebelumnya yaitu Permenaker Nomor 2 Tahun 2022 dinyatakan bahwa klaim JHT hanya bisa dilakukan ketika mencapai usia 56 tahun. Namun, dengan terbitnya Permenaker 4/2022 aturan lama menjadi tidak berlaku lagi.

"Klaim manfaat JHT dapat diambil secara tunai dan sekaligus setelah melewati masa tunggu satu bulan. Jadi tidak perlu menunggu sampai usia 56 tahun untuk klaim JHT," ujarnya dalam konferensi pers virtual pada Kamis (28/4/2022) lalu.

Ia menjelaskan, pembayaran manfaat JHT paling lama lima hari kerja sejak pengajuan dan persyaratan diterima secara lengkap dan benar oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja pun tetap dapat mengajukan klaim manfaat JHT meskipun terdapat tunggakan pembayaran iuran JHT oleh pengusaha. Tunggakan iuran wajib itu akan ditagih oleh BPJS Ketenagakerjaan kepada pengusaha. "Jadi, hak pekerja/buruh atas manfaat JHT, tidak hilang," kata Ida. Berdasarkan beleid terbaru itu, tak hanya mengatur JHT bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang mengundurkan diri atau terkena PHK, tetapi juga mengatur klaim JHT bagi peserta pensiun karena usia, meninggal, mengalami cacat mental, dan pekerja warna negara asing.

Berikut rincian ketentuan klaim JHT seperti yang diatur dalam Permenaker 4/2022:
Peserta pensiun

Peserta BPJS Ketenagakerjaan yang dimaksud mencapai pensiun adalah yang mencapai usia 56 tahun atau usia sesuai kesepakatan dalam perjanjian kerja, dan peserta bukan penerima upah yang berhenti bekerja. Adapun peserta bukan penerima upah adalah pemberi kerja dan pekerja di luar hubungan kerja atau pekerja mandiri. Syarat klaim JHT bagi peserta yang pensiun kini disederhanakan menjadi cukup 2 dokumen, yakni kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan dan KTP. Pada aturan sebelumnya, bagi pensiunan disyaratkan 4 dokumen yaitu kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan, KTP, Kartu Keluarga, dan surat keterangan berhenti bekerja karena usia pensiun.

 

Ilustrasi cara mencairkan BPJS Ketenagakerjaan. Kementerian Ketenagakerjaan menerbitkan aturan baru terkait tata cara dan persyaratan klaim JHT BPJS Ketenagakerjaan. Pasalnya, selama ini peserta selalu mencairkan manfaat JHT sebelum masuk usia pensiun.(https://

[Berita Lengkap...]

 

Harga Nikel Menguat, Laba Bersih Vale Indonesia Melonjak 100,7 Persen
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) membukukan kinerja keuangan yang positif selama kuartal I 2022 seiring  pertumbuhan pendapatan dan laba bersih naik signifkan. Adapun kenaikan laba bersih tersebut didorong lonjakan harga nikel.

Mengutip laporan keuangan yang disampaikan ke Bursa Efek Indonesia (BEI) ditulis Rabu (11/5/2022), PT Vale Indonesia Tbk (INCO) membukukan pendapatan USD 235,08 juta atau setara Rp 3,42 triliun (asumsi kurs Rp 14.551 per dolar AS) pada kuartal I 2022. Realisasi pendapatan tersebut naik 13,8 persen dibandingkan kuartal I 2021 sebesar USD 206,55 juta atau sekitar Rp 3 triliun.

Pertumbuhan pendapatan itu didukung lonjakan laba bersih selama kuartal I 2022. Perseroan mencatat pertumbuhan laba bersih 100,7 persen menjadi USD 67,64 juta atau setara Rp 983,45 miliar dibandingkan kuartal I 2021 sebesar USD 33,69 juta atau setara Rp 489,8 miliar.

Adapun beban pokok pendapatan perseroan turun 8,04 persen menjadi USD 142,35 juta pada kuartal I 2022. Dibandingkan kuartal I 2021 sebesar USD 154,81 juta.

Dalam keterangan resmi, perseroan menyatakan laba bersih yang kuat tersebut didorong harga nikel yang menguntungkan. Perseroan mencatat harga realisasi rata-rata naik menjadi USD 17.432 per ton pada kuartal I 2022, mengalami kenaikan 25,3 dari periode sama tahun sebelumnya USD 13.912 per ton. Sedangkan alami kenaikan 13 persen dari kuartal IV 2021 sebesar USD 15.372 per ton.

Namun, produksi nikel dalam matte perseroan turun 9,02 persen menjadi 13.827 metrik ton pada kuartal I 2022 dari periode sama tahun sebelumnya 15.198 per ton. Demikian juga penjualan nikel dalam matte susut 9,16 persen menjadi 13.486 metrik ton pada kuartal I 2022 dibandingkan tahun sebelumnya 14.847 metrik ton.

 

PT Vale Indonesia Tbk (INCO) mencatat pertumbuhan pendapatan dan lonjakan laba bersih pada kuartal I 2022. Ilustrasi Laporan Keuangan.Unsplash/Isaac Smith

[Berita Lengkap...]

 

HUT Ke-30, Kemnaker: KSBSI Hebat Karena Terus Suarakan Aspirasi Pekerja
Publish date: 28 May 2022, Author : fpesbsi

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-30. Di usianya yang ke-30 ini, KSBSI tidak lelah untuk terus menciptakan dan memperbaiki hubungan industrial ketenagakerjaan yang kondusif.

Direktur Jenderal PHI dan JAMSOS Kemnaker, Indah Anggoro Putri mengatakan, hubungan industrial yang kondusif sangat penting agar dapat menjaga momentum pertumbuhan ekonomi di era Post Covid-19 dalam mendorong dan meningkatkan iklim investasi, yang pada gilirannya akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya di Indonesia. 

 

Direktur Jenderal PHI dan JAMSOS Kemnaker, Indah Anggoro Putri. (Dok: Kemnaker

[Berita Lengkap...]

 

Bahas Isu Perubahan Iklim Dan Transisi Yang Adil , KSBSI Kembali Gelar Rangkaian Lokakarya L20
Publish date: 28 May 2022, Author : fpesbsi

Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) kembali menggelar Lokakarya Labour 20 atau dikenal L20 di Green Wattana Boutique Hotel & Resto, Sentul City Kabupaten Bogor Jawa Barat. Agenda diadakan pada Selasa-Rabu, 19-20 April 2022, dengan ini mengangkat tema “Pendalaman Isu Prioritas Perubahan Iklim dan Transisi Yang Adil Bagi Pekerja/Buruh. Dan merupakan kegiatan ‘road show’ menuju Bali dalam rangkaian agenda Labour Summit 2022 di Bali pada September 2022.

Elly Rosita Silaban Presiden KSBSI yang juga dipercaya sebagai Ketua atau Chair L20  dalam kata sambutannya menyampaikan ada 3 agenda yang akan disuarakan KSBSI di agenda L20. Pertama masalah pekerja digital, kedua perubahan iklim serta just transition (tansisi berkeadilan) dan ketiga masalah jaminan sosial terhadap pekerja. 

Untuk agenda yang diadakan di Sentul City Bogor ini mengangkat tema ‘Pendalaman Isu Prioritas Perubahan Iklim dan Transisi Yang Adil Bagi Pekerja/Buruh’. Sebelumnya, dalam rangkaian kegiatan yang sama dilakukan di Bali adalah mengangkat tema tentang masa depan pekerja digital.

Dalam kata sambutannya, Laode Sulaiman Perwakilan Energy Transisition Working Group Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengapreasiasi agenda lokakarya ini. Sebab pembahasan perubahan iklim dan transisi berkeadilan sedang disikapi serius pemerintah pada pertemuan pemimpin negara G20 di Indonesia. Ia berharap, pemerintah dan aktivis serikat buruh bisa saling bersinergi. 

“Kita bisa duduk bersama merumuskan untuk mencari solusinya dalam agenda energi transition untuk mengatasi perubahan iklim dan transisi berkeadilan,” jelasnya.   

Dia menerangkan, beberapa waktu lalu, Kementertian ESDM telah melakukan pertemuan dengan perwakilan para pemimpin negara G20 di Yogyakarta Jawa Tengah. Dimana dalam pertemuan tersebut menghasilkan keputusan, diantaranya sepakat mempercepat transisi energi berkeadilan yang ramah lingkungan. 

 

KSBSI melibatkan beberapa pimpinan serikat dari beberapa Konfederasi besar

[Berita Lengkap...]

 

Faisal Basri: Kita Sayang Pak Jokowi Cukup Sampai 2024
Publish date: 28 May 2022, Author : fpesbsi

Ekonom senior Faisal Basri mengkritisi pemerintahan Jokowi yang gagal mengendalikan harga pasar di tengah upaya kebangkitan ekonomi yang mati suri karena pandemi Covid-19. Bahkan dirinya juga menyebutkan saat ini pemerintah semrawut.

"Gara-gara mengelolanya agak semrawut ya jadi begini lah," ujarnya dalam diskusi publik bertajuk "Harga Kian Mahal: Recovery Terganggu?" pada Kamis, 7 April 2022.

Dia pun mengaku bahwa saat ini tidak ada satu negara pun yang dapat menghindari kenaikan harga global, termasuk Indonesia. Namun dirinya mengungkapkan bahwa kenaikan harga global tidak hanya berdampak buruk, melainkan ada juga yang berdampak baik. Salah satunya yaitu kenaikan harga batu bara dan CPO yang menjadi komoditas ekspor nasional.

Dia menggambarkan bahwa saat ini kenaikan harga dari komoditas ekspor nasional dapat mentransmisikan  dari yang diuntungkan untuk mendapat kompensasi dari komoditas yang sedang dirugikan.

"Jadi kalau mengelola negara secara totalitas ya kira-kira 0, kalau mengelolanya pandai," tambahnya.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini konsumsi pangan masih tergolong tinggi, menandakan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia pendapatannya masih rendah. 

 

(dari kiri) Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi bergandengan tangan dan sepayung berdua menuruni tangga pesawat. Foto: Instagram/@jokowi

[Berita Lengkap...]

 

KSBSI DAN KEMENAKER LAKSANAKAN KICK OFF L 20
Publish date: 05 Apr 2022, Author : fpesbsi

Para pimpinan federasi yang terlibat dalam kegiatan tersebut yakni, Kamiparho, Hukatan, FPE, Kikes, KUI, Nikeuba, Garteks, Den KSBSI  dan beberap departemen-deperteman yang selama ini fokus terhadap isu buruh digital.

Dalam pertemuan tersebut hadir sebagai pembicara Rekson Silaban yang dikenal sebagai Majelis Penasehat Organisasi di KSBSI.

 

Kick Off L20 kerjasama antara KSBSI dan kemenaker

[Berita Lengkap...]

 

Presiden KSBSI Tandatangani Nota Kesepahaman Bersama Dengan KADIN Indonesia, Ini Kesepakatannya
Publish date: 17 Mar 2022, Author : fpesbsi

Hari ini Dewan Pengurus Bidang Ketenagakerjaan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia melaksanakan agenda Rapat Kerja Nasional (Rakernas) di Menara KADIN Kuningan Jakarta Selatan, Rabu (16/3/2022). Acara ini dihadiri Ida Fauziyah Menteri Tenaga Kerja (Menaker) serta jajarannya, petinggi BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh (SP/SB)

Adapun pemimpin SP/SB yang hadir dalam agenda Rakernas Ketenagakerjaan KADIN ini adalah Elly Rosita Silaban Presiden Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (KSBSI) Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) versi Presiden Yorrrys Raweyai, Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia  (KSPSI) versi Presiden Andi Gani Nena Wea serta Said Iqbal Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).

Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum KADIN Indonesia dalam kata sambutannya mengatakan agenda Rakernas ini merupakan momentum penting dalam dunia ketenagakerjaan. Sekaligus sebagai  ajang konsolidasi antara pengusaha, pekerja serta pemerintah untuk membangkitkan perekonomian Indonesia. Ia menyampaikan, ada 2 isu yang bakal dibahas dalam Rakernas.

 

Presiden KSBSI dan Ketua Kadin 

[Berita Lengkap...]

 

 1