Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

Riau
Publish date: 01 Aug 2018, Author : fpesbsi

Seribuan Buruh Riau Tuntut Kenaikan Upah 16 Persen

 

Seribuan buruh yang tergabung dalam Federasi Pertambangan dan Energi (FPE)- Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI) Provinsi Riau menuntut kenaikan upah buruh tahun 2018 sebesar 16 persen bukan yang ditetapkan pengusaha sektor Migas sebesar 6 persen tersebut.
     "Sebab kenaikan sebesar Rp6 persen ditetapkan oleh APINDO, jika dikonfersikan dengan rupiah, kenaikan hanya Rp150.000, sementara  dijumlahkan dengan UMSP 2017 menjadi Rp2,6 juta + Rp150 ribu adalah Rp2,75 juta belum setara dengan UMK Kabupaten Bengkalis sebesar Rp2,9 juta," kata Swandi Hutasoit, Wakil ketua DPC FPE Kabupaten Siak di Pekanbaru, Kamis.
     Buruh yang berunjuk rasa melakukan perjalanan (longmarch)  dari kantor gubernur Provinsi Riau ke kantor  SKK Migas di Jalan Ahmad Yani, atau berada di gedung Sucofindo untuk melakukan orasi dan menyampaikan tuntutan. Dalam aksi demo itu delapan perwkailan dari FPE-KSBSI diterima delegasi pejabat SKK Migas.

Menurut Swandi, perundingan terkait kenaikan upah sesuai tuntutan tersebut tidak final sehingga memicu buruh untuk melakukan aksi protes kenaikan upah minimum sektor migas itu.
     Ia mengatakan, seluruh upaya dan tenaga sudah dilakukan FPE-KSBSI  namun masih saja APINDO dan piha yang terkait, tetap dengan tujuan awal mereka bahwa UMSP 2018 mengalami kenaikan hanya 6 persen saja.

[Berita Lengkap...]

 

Sulawesi Selatan
Publish date: 22 May 2018, Author : fpesbsi

EEES,PTY.Ltd, Lanjutkan Perundingan PKB

 

Akhirnya management Eneregy Equity Epic ( Sengkang) PTY.Ltd  mengajak PK FPE yang berada diperusahaan tersebut untuk membicarakan kembali PKB yang sempat terhenti sejak Desember 2015.

Lanjutan perundingan PKB dilakukan di hotel Melia, Makasar, Sulawesi Selatan sejak, 24-26 April 2018. Dalam pembukaan lanjutan perundingan PKB, pihak PK FPE Energy Equity Epic ( Sengkang ) PTY.Ltd menghadirkan Ketua Umumnya dari Jakarta.

Dalam kata sambutannya Riswan selaku Ketua Umum DPP FPE menyampaikan, kegembiraannya terhadap lanjutan perundingan PKB, namun disisi lain menyesalkan sikap management yang tidak cukup serius dalam menyelesaikan perundingan PKB.

“Saya berpikir pertemuan ini adalah perundingan PKB yang kedua, namun ternyata masih perundingan PKB lama yang belum selesai “ paparnya dihadapan peserta perundingan PKB.

Adapun beberapa topik penting yang menjadi target PK FPE Eenergy Equity Epic ( Sengkang) PTY.Ltd adalah,  Anggaran Pesangon, perhitungan lembur sesuai permenaker nomor 4/tahun 2014, kenaikan upah tahunan dan perjalanan  dinas.

 

Suasana pembukaan sebelum memulai perundingan PKB

[Berita Lengkap...]

 

Papua
Publish date: 28 Sep 2017, Author : fpesbsi

Polisi Masih Kejar Pelaku Penembakan Mobil Freeport di Papua

 

Aksi teror penembakan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kembali terjadi di wilayah area pertambangan PT Freeport Indonesia, Senin (25/9) pagi. Hingga saat ini, polisi masih melakukan pengejaran terhadap pelaku.

“Tindakan kepolisian yang dilakukan menerima laporan, mendatangi tempat kejadian perkara (TKP) melakukan olah TKP, membuat laporan dan sementara Polres Mimika dibantu dengan Anggota Brimob dan TNI masih melakukan pengejaran terhadap pelaku penembakan,” kata Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal SH, hari ini.

Petugas saat mengamankan kendaraan PT Freeport Indonesia setelah ditembak orang tidak dikenal, Minggu 24 September 2017. (istimewa)

[Berita Lengkap...]

 

Jakarta
Publish date: 29 Aug 2016, Author : fpesbsi

GEBER BUMN LAKSANAKAN KONSOLNAS

Gerakan Bersama Buruh Badan Usaha Milik Negara ( GEBER BUMN )  melakukan Konsolidasi Nasional ( Konsolnas ). Konsolnas kali ini dilaksanakan di Wisma Graha Wisata, Ragunan, Jakarta Selatan. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada, 13-14 Agustus 2016. Beberapa peserta daerah yang hadir dalam acara Konsolnas tersebut yakni, Medan, Kalimantan Barat, Palu, Bali, Banten dan Jabodetabek.

Mereka berasal dari beberapa perusahaan OS dibeberapa vendor seperti, PLN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Krakatau Steel dan Indofarma.

Beberapa pembicara dihadirkan dalam pertemuan tersebut seperti Dedi Yusuf dan Retno dari Kementerian Tenaga Kerja.

Dalam pembicaraan dengan Dedi Yusuf yang bersangkutan menyampaikan, bahwa beliau akan berusaha dalam waktu dekat untuk dapat melaksanakan Rapat Kerja Gabungan ( Rakergab ) antara Komisi VI, IX, Menteri BUMN, Menaker, Jaksa Agung  serta direksi-direksi BUMN.

Retno ( perwakilan KeMenaker ), Arionto Timbul ( SP PLN ), Fauzi ( LBH ) memberikan dukungan terhadap perjuangan

[Berita Lengkap...]

 

Makasar
Publish date: 25 Jun 2015, Author : fpesbsi

Karyawan Pertanyakan Penutupan SPBU Alauddin

Perusahaan SPBU Gunung Sari 74.902.09, Jalan Sultan Alauddin Makassar, menghentikan semua karyawannya dengan menutup usaha SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum)tanpa memberikan kejelasan yang pasti kepada semua karyawannya, Sabtu (20/6) lalu.


Para Karyawan mengaku, penutupan sepihak yang dilakukan pemilik SPBU Alauddin merugikan para karyawan karena kehilangan pekerjaannya dan menambah angka pengangguran di Indonesia khususnya di Makassar.

 

[Berita Lengkap...]

 

Kalimantan Utara
Publish date: 16 Apr 2015, Author : fpesbsi

FPE SBSI KAB. MALINAU ,BERBENAH DIRI

 

Akhirnya dua pimpinan pusat FPE SBSI tiba di Kabupaten Malinau pada 05 April 2015. Keduanya  mengaku sebagai pimpinan tertinggi di Federasi Pertambangan dan Energi yang ber affiliasi ke KSBSI. Kedua pimpinan FPE SBSI tersebut berttujuan ingin bertemu anggotanya yang berada di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara.

Di Malinau keduanya di sambut oleh pengurus FPE SBSI Kabupaten Malinau antara lain, Junaidi , Musa Bilung, Herlian dan Theofilus.

Selanjutnya  keduanya melakukan Training Sosial Dialog yang  dilaksanakan di hotel “ Hanura “ Kota Malinau, dengan melibatkan 25 peserta dari berbagai perwakilan unit kerja khususnya di pertambangan.

Menurut  Niaksi selaku Sekretaris Jenderal DPP FPE SBSI menjelaskan kepada anggotanya bahwa beliau baru pertama sekali berkunjung ke Kabupaten Malinau, namun setelah melihat potensi yang ada Nikasi merasa optimis bahwa FPE SBSI Kab. Malinau akan kuat seperti propinsi-propinsi lain .

Sementara itu Riswan Lubis pada kesempatan terpisah menyampaikan kepada anggotanya  bahwa  “ hanya kita yang bisa merubah nasib kita , jadi kita harus berjuang dengan cara-cara dialog dalam memperjuangkan perbaikan kesejahteraan “ ungkap Riswan kepada anggotanya.

 

[Berita Lengkap...]

 

Demo di Sei.Pakning Riau
Publish date: 16 Oct 2014, Author : Administrator

RATUSAN BURUH PERTAMINA DEMO

Sekitar 300 buruh   Pertamina RU II Sei.Pakning bersama sejumlah   pegawai PDAM Cabang Sungai Pakning melakukan demo kekantor Camat Bukit Batu, Rabu (15/10). Dalam  aksi tersebut terlihat puluhan polisi  yang teragbung dari Polres Bengkalis, Polsek Bukit Batu dan Polsek Siak Kecil  melakukan pengamanan aksi .

Pekerja Pertamina yang tergabung Dewan Pengurus Cabang , Federasi Pertambangan dan Energi, Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia  ( DPC FPE SBSI )
menuntut agar Dinas Tenaga Kerja ( Disnaker ) Kabupaten Bengkalis dan pengawas tegas dalam mencabut izin operasional vendor yang ada di PT. Pertamina RU II Sungai Pakning.  

 

[Berita Lengkap...]

 

UPAH MINIMUM
Publish date: 22 Dec 2012, Author : Administrator

Oleh: Riswan Lubis

Tiap Tahun Katanya Upah Dinaikkan

Tiap Tahun Katanya  Ekonomi Kita Semakin Membaik

Tiap Tahun Pula Katanya Kesejahteraan Buruh Semakin Mendekat

Itu Katanya....

Itu Kata Mereka......

Kata Penguasa.......

Nyatanya Buruh Hanya Bisa Makan Nasi Dengan Tempe

Buruh Hanya Bisa Sekolahkan Anak Seadanya

[Berita Lengkap...]

 

 1