Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

PT.Pangan Sari Tandatangani PKB ke XII
Publish date: 16 Jun 2022, Author : fpesbsi

Setelah melakukan perundingan selama sepuluh hari, Serikat pekerja dan serikat buruh PT Pangansari Utama (PT PSU) di area PT Freeport Indonesia akhirnya sepakat dan menandatangani hasil perjanjian kerja bersama (PKB) dengan pihak manajemen PT PSU di Swissbell Hotel Jakarta, Kamis (9/6/2022).

Hasil perundingan ditandatangani serikat pekerja dengan manajemen, disaksikan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mimika, Paulus Yanengga dan Ketua Umum DPP FPE KSBSI, Riswan Lubis.

Selain itu hadir juga dalam acara ini, Presiden Direktur PT PSU, Maghfur Lasah dan Direktur Human Capital PT PSU, Avi Pranantha serta serikat pekerja.

Ketua Tim Perundingan Serikat Pekerja, Yulianus Mote menyampaikan terima kasih kepada manajemen PT PSU yang ia nilai memperhatikan kesejahateraan para pekerja. 

Sementara itu Ketua Tim Perundingan dari Pihak Manajemen PT Pangansari Utama, Fortunatus Lengga Mali menegatakan, suksesnya perundingan tidak lepas dari dukungan Pemerintah Kabupaten Mimika, pihak manajemen dan para pekerja. 

 

Anggota Tim perunding PKB PT. Pangan Sari dan undangan

[Berita Lengkap...]

 

Ambo Ajang “Kita Harus Tunduk Pada PKB”
Publish date: 16 Jun 2022, Author : fpesbsi

Akhirnya pimpinan Energy Equity Epic (Sengkang) PTY.LTD mengundang tiga Pengurus Komisariat Energy Equity Epic (Sengkang) PTY.LTD untuk menghadiri rapat antara pimpinan perusahaan dengan pimpinan serikat.

Ketiga perwakilan PK FPE KSBSI E3S tersebut adalah, Ambo Ajang selaku ketua PK, Makmur sebagai Wakil Ketua dan Baso Firman selaku Bendahara.

Pertemuan yang dilakukan dihotel Aloft hotel, Jakarta Selatan pada, Selasa, 7 Juni 2022 selain dihadiri oleh PK FPE KSBSI juga dihadiri pimpinan E3S dan perwakilan PT. Energy Maju Abadi.

Beberapa petinggi perusahaan yang hadir yakni, Andi Riyanto selaku Presiden Direktur Energy Equity Epic Sengkang PTY.LTD dan Farid Gaffar selaku Vice Presiden Energy Equity Epic (Sengkang).

Dalam pertemuan tersebut pimpinan perusahaan menyatakan bahwa mulai 24 Oktober 2022 Energy Equity tidak lagi Cost Recovery namun telah berubah menjadi Gross Split.

Saat ini E3S tidak lagi pemilik saham tunggal, namun 49 % sahamnya telah dikuasai PT. Energy Maju Abadi dari Bakrie Group.

Lebih jauh dalam pertemuan yang dihadiri oleh level Supervisor keatas dan pimpinan serikat buruh tersebut perusahaan menjelaskan langkah-langkah yang akan dilakukan pihak perusahaan menjelang perubahan bisnis perusahaan.

Para pimpinan Energy Equity Epic (Sengkang) PTY.LTD dan serikat buruh berfhoto bersama

[Berita Lengkap...]

 

PT Patra Drilling Contractor Diduga Pekerjakan Karyawan Tidak Sesuai UMP Dan Tanpa BPJS
Publish date: 16 Jun 2022, Author : fpesbsi

Pihak Manajemen PT Patra Drilling Contractor (PDC) selaku Man Power Suplay (MPS) pada proyek pengeboran minyak di sumur Pertamina EP Papua Field di Sorong, ditengarai memberikan gaji pokok kepada tenaga kerjanya di bawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Papua Barat tahun 2022.

Selain itu, perusahaan yang sahamnya dimiliki Pertamina Hulu Energi (PHE) dan PT Pertamina Drilling Services Indonesia (PDSI) ini, diduga juga tidak mendaftarkan pekerjanya ke BPJS Ketenagakerjaan, meski gaji pekerja sudah dipotong untuk membayar iuran.

Dari Informasi yang diterima InewsSorongRaya.id para pekerja pengeboran minyak di sumur Pertamina EP Papua Field menerima gaji pokok dikisaran nominal Rp 3,4 juta. Sedangkan UMP Papua Barat di sektor Pertambangan Minyak dan Gas Bumi, diatas Rp 4,2 juta.

Dari gaji yang dibayarkan ke pekerja, terdapat sejumlah potongan mulai Pajak Penghasilan (PPh 21), iuran BPJS Kesehatan, potongan uang makan (catering) serta potongan Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun Karyawan.

Ketika data-data ini dikonfirmasikan ke para pekerja, mereka mengakuinya. Bahkan mereka menilai jika besaran gaji pokok yang diberikan perusahaan, tidak sesuai dengan besaran UMP Papua Barat di sektor pertambangan Migas.

Selama saya bekerja di pengeboran minyak, baru kali ini menerima gaji di bawah Rp 10 juta setelah ditambah dengan tunjangan-tunjangan. Saya tidak tahu apa yang menjadi dasar penetapan gaji oleh perusahaan ini,” kata salah seorang pekerja yang enggan namanya diberitakan kepada iNews.id, Selasa (7/6/2022).

Foto bersama para karyawan kontrak pada penggalian sumur minyak Salawati SLW A9X di Kampung Meyaup Distrik Salawati Tengah. (Ist).

[Berita Lengkap...]

 

PK FPE KSBSI PT Freeport Indonesia Sukses Laksanakan RUAK II
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi

Seratus lebih peserta dan undangan menghadiri acara Rapat Umum Anggota Komisariat ,Federasi Pertambangan dan Energi Federasi Pertambangan dan Energi, PT Freeport Indonesia (RUAK PK FPE PT FI) yang dilaksanakan di aula Multimurpose, Kuala Kencana, Timika, Papua, Senin-Selasa, 23-24 Mei 2022.

Hadir dalam acara pembukaan RUAK tersebut antara lain, Sekertaris Disnaker Mimika, Santi Sondak, Vice Presiden Devisi Industrial Relations, Demi Magai, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Mimika, Verry K Boekan, Tonggoi Papua, Yones Mayau, Jajaran DPP FPE KSBSI dan beberapa perwakilan PK FPE yang berada dilingkungan PT Freeport.

Beberapa PK lain yang hadir dalam undangan pembukaan RUAK II PT Freeport Indonesia antara lain, PK FPE PT. Kuala Pelabuhan Indonesia, PK FPE PT. Pangan Sari Utama, PK FPE PT. Sandvik, PK FPE PT. AVCO dan PK FPE PT. Mahaka.

Dalam kata sambutannya Ketua Umum DPP FPE KSBSI , Riswan Lubis menyampaikan ucapan terimakasih kepada pimpinan PT Freeport yang telah mensuport kegiatan RUAK II FPE KSBSI PT Freeport Indoensia.

Selain itu Riswan juga menambahkan :

“Saya bangga menjadi bagian dari keluarga FPE KSBSI, apalagi pada perundingan PKB yang terakhir, FPE KSBSI PT Freeport menjadi yang terbesar”. Ungkap Riswan

“Namun saya meminta kepada seluruh pengurus dan anggota FPE KSBSI di PT Freeport  walaupun kita menjadi yang terbesar, tetaplah rendah hati dan tidak sombong” tutup Riswan.

RUAK yang dilaksanakan oleh PK FPE PT Freeport adalah RUAK yang termegah dilingkungan keluarga FPE dengan menghabiskan lebih dari 100 juta.

Dalam rangkaian kegiatan RUAK tersebut panitia mengatur berbagai jadwal acara layaknya sebuah KONGRES FPE.

ALBERT JANAMPA

Albert Janampa yang telah dua kali memimpin PK FPE PT Freeport mencoba mencalonkan kembali menjadi Calon Ketua PK untuk 3 tahun berikutnya. Sayangnya 2/3 yang menjadi syarat awal untuk dapat dicalonkan ternyata tidak terpenuhi.

 

Hasil pemilihan Ketua PK FPE PT Freeport Indonesia

[Berita Lengkap...]

 

May Day 2022, 9 Pengurus Komisariat Federasi Pertambangan & Energi di bawah DPC FPE Kab. Mimika Provinsi Papua menyampaikan 13 Aspirasi Suara Hati Buruh
Publish date: 06 Jun 2022, Author : fpesbsi

Dalam rangka memperingati Hari Buruh Internasional-May Day 2022, perwakilan Pengurus Komisariat Federasi Pertambangan dan Energi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (PK FPE KSBSI) dari 9 perusahaan di lingkungan kerja PT Freeport Indonesia yang dikoordinir oleh DPC FPE Kab. Mimika menyampaikan 13 aspirasi buruh tambang dalam konferensi pers tanggal 6 Mei 2022. Sebenarnya rencana ini dilakukan tepat pada tanggal 1 Mei 2022 namun sudah disepakati sebelumnya bahwa pada tanggal 1 Mei 2022 kegiatan May Day diperingati bersama dengan SPSI dan SPMP serta manajemen PTFI. Itu sebabnya secara internal organisai FPE, sepakat untuk memperingati May Day di tanggal 6 Mei 2022 setelah selesai hari raya Idul Fitri.

Sembilan Pengurus Komisariat yang berada di bawah DPC FPE Kab. Mimika tersebut adalah PK FPE PT Freeport Indonesia, PK FPE PT Kuala Pelabuhan Indonesia, PK FPE PT Pangansari Utama, PK FPE PT Sandvik SMC, PK FPE PT. Pengembangan Jaya Papua, PK FPE PT Saraghani, PK FPE PT. Strukturindo Tifatama, PK FPE PT. Mahaka Industri Perdana dan PK FPE PT. AVCO.

Sekretaris DPC FPE KSBSI Kabupaten Mimika, Arianto Kanan, SH dalam konferensi pers di Jalan Cenerawasih Kota Timika menjelaskan bahwa secara organisasi di tingkat nasional FPE berafiliasi dengan KSBSI dan dengan IndustriAll Global Union di tingkat internasional.

 

Perwakilan PK FPE Se Kab. Mimika

[Berita Lengkap...]

 

Gubernur Riau Minta Pertamina Lebih Banyak Libatkan Tenaga Kerja Lokal
Publish date: 28 May 2022, Author : fpesbsi

Saat ini, sekitar 42 persen produksi minyak nasional masih berasal dari Provinsi Riau. Bahkan, "Bumi Lancang Kuning" menjadi salah satu daerah yang memberikan kontribusi terbesar bagi devisa negara. Sebagian besar sumur minyak yang ada di Riau dikelola dan dikuasai oleh PT Pertamina. Oleh sebab itu, Gubernur Riau Syamsuar mengatakan bahwa sangat wajar apabila Pertamina memberikan perhatian yang lebih untuk pembangunan di Riau.

"(Wilayah kerja) Pertamina ini ada di hampir 12 kabupaten dan kota di Riau. Ada di Kabupaten Bengkalis, Siak, Rohul, Rohil, Kampar, Inhu dan Pelalawan. Pelabuhan minyak juga ada di Dumai, kantornya ada di Pekanbaru," ucap Syamsuar saat menjadi pembicara pada Dies Natalis ke-6 Universitas Pertamina (UP) di Jakarta, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (2/2/2022).

Syamsuar mengatakan, Pertamina seharusnya tidak hanya menjadikan Riau sebagai obyek untuk mencari keuntungan. Namun, Pertamina sebaiknya ikut memberikan kontribusi yang baik bagi Riau. "Kami tentu tidak mau jadi penonton di kampung sendiri. Anak-anak Riau sebagai bagian yang tak terpisahkan dari bangsa ini juga harus menjadi subyek pembangunan. Harus juga menjadi yang terbaik," ujar mantan Bupati Siak dua periode itu. Syamsuar menyebutkan bahwa Pertamina melalui Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang mengelola Blok Rokan, akan melakukan pengeboran sumur minyak baru sebanyak 500 sumur di Riau, dan ini menjadi yang terbanyak di Indonesia.

Sementara itu, menurut informasi, tenaga kerja PHR yang berasal dari anak Riau hanya sekitar 5 persen. "Alangkah minimnya anak Riau di PHR ini," kata Syamsuar. Pada kesempatan itu, Syamsuar melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU terkait kerja sama di bidang pendidikan antara Gubernur Riau dan Rektor Universitas Pertamina, IGN Wiratmaja Puja. Syamsuar mengaku baru tahu tentang Universitas Pertamina, yang fokus membangun sumber daya manusia (SDM), khususnya di bidang energi. "Saya terus-terang baru tahu Universitas Pertamina ini. Kami berharap betul, anak-anak Riau juga bisa mendapat pendidikan di sini dengan beasiswa dari Pertamina. Minimal 50 orang dalam setahun," kata Syamsuar.

 

Gubernur Riau, Syamsuar saat menghadiri Keynote Speaker pada Dies Natalis ke-6 Universitas Pertamina di Jakarta, Rabu (2/2/2022).(Dok. Pemprov Riau)

[Berita Lengkap...]

 

PERTAMA DI FPE, PEREMPUAN PIMPIN PK FPE KSBSI
Publish date: 05 Apr 2022, Author : fpesbsi

Belum sebulan terbentuk, akhirnya PK FPE PT. AVCO yang melayani penerbangan Airfast di Timika ikut dan terlibat dalam perundingan dan penandatangan PKB.

Sebelumnya berdasarkan Verifikasi terkait jumlah keanggotaan serikat buruh yang ada dilingkuangan  PT. AVCO dimana hanya ada F SP KEP dan FPE. Menurut John Howay selaku PK FPE PT Freeport yang terlibat dalam membidani lahirnya PK FPE PT. AVCO dimana saat ini anggota PK FPE PT. AVCO lebih banyak dari anggota F SP KEP.

“ Padahal proses pembentukan PK, pencatatan dan proses Verifikasi dilakukan hanya dalam tempo 1 bulan” ungkap John Howay kepada Suara Tambang.

Proses penandatangan PKB antara pimpinan PT. Avco, PUK SP KEP dan PK FPE dilakukan pada, 25 Maret 2022 di hotel  Swissbell, Jakarta.

Hadir dalam penandatanganan PKB tersebut beberapa petinggi perusahaan. Mereka yang hadir antara lain Wahyu Raharjo, selaku Direktur PT. Avco dan Edward Hutahaen selaku GM Avco di Timika.

Sementara itu dari DPP FPE, hadir Nikasi Ginting selaku Sekertaris Jenderal DPP FPE. Dalam sambutanya Nikasi menyampaikan terimakasih baik kepada pimpinan AVCO maupun pimpinan serikat yang telah bersedia mengundang DPP FPE dalam menyaksikan penandatanganan PKB PT. AVCO.

Dalam sambutanya Citra Kaliky menyampaikan keluhan para karyawan  terkait roster kerja yang sebelumnya  6-1 menjadi 5-2 dan minta dikembalikan ke 6-1 serta terkait Kartu Sehat agar para karyawan dapat berobat dengan fasilitas yang sama seperti karyawan PT. Freeport.

Pengembalian roster kerja tersebut dalam rangka meningkatkan pendapatan karyawan sebagaimana sebelumVirus Corona mewabah.

Selain hal tersebut diatas Citra juga menjelaskan bahwa para pihak sepakat menaikkan upah sebesar 7% yang dibagi dalam 2 tahun yakni tahun 2022 dan tahun 2023.

 

Citra Kaliky, Ketua PK FPE PT. AVCO

[Berita Lengkap...]

 

YONI MAGAI PIMPIN PK FPE PT. PSU
Publish date: 05 Apr 2022, Author : fpesbsi

Akhirnya PK FPE PT. Pangansari Utama (PSU) sukses melaksanakan Rapat Umum Anggota Komisariat (RAT) di Hotel  Serayu, Timika pada, 26 Maret 2022 dengan dihadiri  18 orang dari 22 orang perwakilan berbagai wilayah dan departemen yang ada dilingkungan PT.PSu.

Hadir dalam   RAT ini DPP FPE KSBSI yang diwakili Wakil Ketua Umum DPP FPE , Saut Pangaribuan, Marjan dan Arianto selaku Ketua dan Sekertaris DPC FPE KSBSI Kab. Mimika. Selain itu hadir juga mewakili management PT. PSU Patony.

Dalam kata sambutannya Saut Pangaribuan menyampaikan  tetap menjaga kekompakan antar sesame pengurus dan anggota.

 

Ketua PK FPE KSBSI PT. Pangan Sari Utama  Yoni Magai

[Berita Lengkap...]

 

DPP FPE KSBSI KUNJUNGI LUWU TIMUR
Publish date: 05 Apr 2022, Author : fpesbsi

Setelah sekian lama tak bisa mengunjungi Luwu Timur,Sulawesi Selatan karena Corona  akhirnya DPP FPE KSBSI berkesempatan konsolidasi ke Soroako. Kali ini Sekjen DPP FPE, Nikasi Ginting hadir di Luwu Timur bersama Willy Balawala dari Solidarity Center. Dalam kunjungan ini, FPE melakukan kegiatan Workshop Pengorganisasian yang dilaksanakan pada, 8-9 Maret 2022 dengan melibatkan 20 anggota .

Dalam workshop tersebut kedua pembicara Nikasi dan Willy fokus pada isu “ Analisis Swot dan Kepemimpinan”.

Nikasi mencoba memaparkan tentang kekuatan, kelemahan, peluang  dan kesempatan organisasi. Setelah mengetahui kekuatan dan kekurangan maka akan dicari jalan keluar untuk untuk membuat organisasi agar lebih kuat.

Sementara itu Willy mencoba memaparkan bagaimana idealnya memimpin sebuah organisasi agar dapat berkembang dengan baik sehingga dapat mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi baik dilingkungan internal maupun eksternal.

Usai workshop kegiatan dilanjutkan dengan Konferensi Cabang (Konpercab) Luwu Timur. Dalam Konpercab  ini terpilih sdra. Fandi Arifin dan Isak Bukkang sebagai Ketua dan Sekertaris DPC FPE KSBSI Kab. Luwu Timur untuk periode : 2022-2026.

 

Silaturahmi ke pmpinan PT. Vale Indonesia

[Berita Lengkap...]

 

LKH Sebut Alasan Strategis Haji Romo Nitiyudo Akuisisi PTRO
Publish date: 21 Mar 2022, Author : fpesbsi

Investor kawakan yang juga merupakan salah satu pemegang saham utama PT Petrosea Tbk (PTRO), Lo Kheng Hong alias LKH menyebut, ada alasan strategis oleh pemilik baru di balik akuisisi saham emiten jasa pertambangan tersebut.

Menurut LKH, Haji Romo Nitiyudo Wachjo, yang memiliki salah satu tambang emas besar di Indonesia, membutuhkan kontraktor bagus dan andal sehingga akuisisi Petrosea menjadi jawaban logis.

“Haji Romo Nitiyudo punya tambang emas yang besar, PT Nusa Halmahera Minerals, butuh kontraktor yang bagus. Petrosea bisa menjadi kontraktor Freeport Indonesia tentu adalah kontraktor yang bagus dan punya kualifikasi yang tinggi,” terang Lo Kheng Hong kepada CNBC Indonesia, Rabu (2/3/2022).

Haji Romo Nitiyudo Wachjo sendiri adalah pemilik Indotan Halmahera Bangkit dan NHM Gosowong Gold Mine yang saat ini juga menjabat sebagai Presiden Direktur di PT Nusa Halmahera Minerals (NHM).

Indotan Group melalui anak usahanya PT Indotan Halmahera Bangkit, awal tahun 2020 lalu diketahui telah mengambil alih kepemilikan mayoritas NHM yang mengoperasikan Tambang Emas Gosowong – produsen emas utama di Indonesia, dari pemilik sebelumnya Newcrest Mining Ltd.

Sebagai informasi, kedua perusahaan tersebut – NHM dan Freeport – memang sama-sama melakukan penambangan emas bawah tanah akan tetapi karena jenis endapan yang berbeda, metode yang digunakan juga tidak sama persis. Freeport dengan tipe endapan porfiri melakukan penambangan dengan metode block caving, sementara NHM yang memiliki endapan epitermal melakukan penambangan bawah tanah degan metode cut & fill.

Hingga akhir Januari lalu, Lo Kheng Hong diketahui merupakan investor individu terbesar yang menguasai 15% saham di Petrosea.

 

LKH Sebut alasan  strategis  Haji Romo Nitiyudo akuisisi  PTRO

[Berita Lengkap...]

 

 1