Visitor Counter:

Visitor Maps:

Visitor Tracker:

NHM Temukan Cadangan Emas Baru di Gosowong
Publish date: 28 Sep 2021, Author : fpesbsi

Tim eksplorasi PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) dikabarkan baru saja menemukan cadangan baru emas. Tentunya ini merupakan sebuah kabar gembira bagi perusahaan dan juga masyarakat sekitar, serta pemerintah daerah setempat. Dengan demikian usia tambang diprediksi akan bertambah sampai 5 tahun lagi.

Cadangan emas baru itu ditemukan di area tambang emas Gosowong di wilayah Kontrak Karya PT Nusa Halmahera Minerals yang ada di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Lebih lanjut, cadangan baru tersebut merupakan tambahan cadangan dari sejumlah temuan sumber daya baru.

Revisi studi kelayakan atas Nusa Halmahera Minerals yang diterima pihak Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Ditjen Minerba ESDM), adalah sebuah keyakinan profesional, sehingga Nusa Halmahera dan termasuk PT Aneka Tambang semakin yakin dengan adanya penambahan cadangan emas tersebut.

Di tempat terpisah, pihak Ditjen Minerba Kementerian ESDM mengkonfirmasi telah menerima dan secara teknis-ekonomis, memberikan persetujuan atas dokumen revisi studi kelayakan. Pihak Ditjen Minerba Kementerian ESDM pun juga telah meminta Nusa Halmahera Minerals untuk segera melakukan tindak lanjut.

"Gosowong Gold Mine" Sumber gambar: nhm.co.id

[Berita Lengkap...]

 

DPP FPE KUNJUNGI MALINAU, KALTARA
Publish date: 28 Sep 2021, Author : fpesbsi

Akhirnya DPP FPE KSBSI berkesempatan mengunjungi anggotanya yang berada dipedalaman Kalimantan Utara. Kali ini Sekjen DPP FPE, Nikasi Ginting melakukan konsolidasi ke DPC FPE di Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara. Kunjungan Nikasi tersebut dilakukan pada, 18 September 2021.

Selain melakukan konsolidasi organisasi, Nikasi juga mensosialisasikan PP No.37 tahun 2021 tentang Jaminan Kehilangan Pekerjaan. Dalam sosialisasi ini hadir 22 peserta yang terdiri 20 laki-laki dan 2 perempuan. Kegitan sosialisasi ini kerjasama antara FPE, KSBSI dan WSM.

Menurut Nikasi, terkait program Jaminan Ketenagakerjaan dan Jaminan Kesehatan hampir tidak ada keluhan dari anggota.

“Semua perusahaan pertambangan yang ada di Malinau telah menjalankan kedua program tersebut.” ungkap Nikasi pada Suara Tambang.

“Jika sebelumnya BPJS Jamsostek menanggung 4 progam, maka dengan keluarnya PP 37 maka saat ini BPJS Jamsostek menangani 5 program, yakni Jaminan Kecelekaaan Kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua, Jaminan Pensiun dan Jaminan Kehiangan Pekerjaan” jelas Nikasi.

 

Konsolidasi SEKJEN DPP FPE, Nikasi Ginting ke Kab. Malianau, Kalimantan Utara

[Berita Lengkap...]

 

PT. VALE INDONESIA LAKUKAN PERUNDINGAN PKB KE XIX
Publish date: 23 Sep 2021, Author : fpesbsi

Setelah absen pada perundingan PKB yang XVIII, akhirnya PK FPE PT. Vale Indonesia terlibat kembali pada perundingan PKB ke XIX. Terlibatnya PK FPE PT Vale Indonesia setelah RUAK PK PT. Vale memberikan kepercayaan kepada Isak Bukang menjadi Ketua PK menggantikan Wasingson.

Perundingan PKB kali ini dilaksanakan di Makasar dan beberapa tempat lain yang disepakati. Perundingan PKB ini sendiri dibuka pada, 8 September 2021 dihotel Four Point, Makasar.

Hadir dalam pembukaan CEO PT Vale Indonesia Febri. Dalam sambutannya Febri mengharapkan Vale menjadi kelas dunia yang terus dapat memberikan kesejateraan baik kepada masyarakat sekitar lingkungan PT. Vale maupun para buruh yang bekerja di PT. Vale Indonesia dan keluarganya.

Selain itu Febri juga menjelaskan bahwa sebagai perusahaan Multinasional PT. Vale juga berkewajiban melibatkan keterlibatan wanita untuk bekerja di PT. Vale.

“Keselamatan dan Kesehatan Kerja baik bagi karyawan dan masyarakat sekitara adalah yang utama yang harus tetap menjadi prioritas bagi perusahaan” ungkap Febri.

Tim perunding PKB ke XIX PT. Vale Indonesia yang dihadiri CEO PT Vale Indonesia, Febri.

[Berita Lengkap...]

 

Bima Arya Sebut UU Cipta Kerja Ciptakan Semacam Tsunami Regulasi Baru, Jadi Lebih Rumit
Publish date: 19 Aug 2021, Author : fpesbsi

Wali Kota Bogor Bima Arya mengeluhkan soal Undang-Undang Cipta Kerja yang dianggap malah memperumit proses perizinan yang telah dibangun pemerintah daerah, khususnya di Kota Bogor. Hal tersebut disampaikan Bima di acara Ngobrol Virtual Bareng Ombudsman RI tentang UU Cipta Kerja , Kamis (5/8/2021). Menurut Bima, UU Cipta Kerja mengharuskan pemerintah daerah melakukan banyak penyesuaian, bahkan mengubah secara dasar dan kompleks terhadap sistem perizinan yang sudah tercipta di daerahnya. "Jadi semacam ada tsunami regulasi baru. Kami sudah maju, terukur, tadinya betul-betul satu pintu, jadinya berbelok-belok lagi. Intinya prosesnya menjadi lebih rumit," kata Bima.

Hal itu pun membuat pihaknya harus beradaptasi lagi dengan sistem baru yang akan diterapkan, mengikuti aturan UU Cipta Kerja atau turunannya. Padahal, ujar dia, sejak 2015 Kota Bogor sudah melakukan reformasi di bidang perizinan dengan membentuk Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) serta Mal Pelayanan Publik sesuai rancangan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Bima mengatakan, DPMPTSP di Kota Bogor dibentuk sebagai lembaga perizinan yang melayani dalam satu pintu, waktunya terukur, dan transparan. Pemberkasannya pun bisa dilakukan secara online. Ada 92 jenis perizinan yang dilayani, menggunakan tanda tangan elektronik dan terintegrasi dengan berbagai sistem lainnya. Ini mulai dari NPWP, BPJS Kesehatan dan Tenaga Kerja, hingga pajak.

 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto.(Tangkapan layar akun Instagram Pemkot Bogor)

[Berita Lengkap...]

 

Duh, Kasus Covid di Tambang Freeport Papua Melonjak 3x Lipat
Publish date: 30 Jul 2021, Author : fpesbsi

Kasus positif Covid-19 di tambang PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua meningkat 2-3x lipat dibandingkan beberapa pekan lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia Riza Pratama.

Dia mengatakan, kasus terkonfirmasi positif pekerja di Freeport ada kenaikan yang cukup drastis. Namun sejauh ini menurutnya tidak ada yang mengalami gejala Covid-19 yang cukup serius.

"Memang angkanya cukup naik. Karyawan yang terdeteksi sejauh ini tidak ada yang serius. Ada banyak (yang positif), tapi gak serius," ungkapnya kepada CNBC Indonesia, Senin (12/07/2021).

Dia mengatakan, Freeport telah menyediakan tempat isolasi bagi karyawan yang positif tertular Covid-19 guna mengantisipasi penularan dan terjadinya lonjakan kasus.

"Kita siapkan lokasi isolasi khusus karyawan. Kenaikan (kasus) cukup tinggi, ada sekitar 2-3x yang normal, yang biasanya mungkin rendah puluhan, sekarang cukup tinggi 2-3x," jelasnya.

Riza kembali menegaskan meski angka positifnya tinggi namun gejala yang dialami karyawan tidak terlalu serius. Hal ini dikarenakan sebagian dari pekerja Freeport sudah divaksin.

 

Foto: Suasana penambangan Grasberg Freeport. (CNBC Indonesia/Suhendra)

[Berita Lengkap...]

 

98,5 Persen Pekerja CPI Blok Rokan Setuju Pindah ke Pertamina
Publish date: 20 Jul 2021, Author : fpesbsi

Alih kelola Blok Rokan dari PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) kepada PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) terus dipersiapkan. Salah satu aspek yang menjadi prioritas adalah proses transfer pekerja.

Pertamina Hulu Rokan telah mengirimkan surat pernyataan menerima penawaran (acceptance letter) dan perjanjian kerja (employment agreement) kepada semua pekerja CPI.

Hasilnya, dari sekitar 2.700 pekerja, sebanyak 98,5 persen telah mengembalikan dan menandatangani Surat Perjanjian Kerja dan hanya 1,5 persen pekerja yang tidak mengembalikan dengan alasan diantaranya sudah menjelang usia pensiun dan ingin pensiun dini, melanjutkan studi ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, dan alasan lainnya.

Direktur Utama PHR, Jaffee Arizon Suardin, menyambut baik progres pengembalian acceptance letter dan employment agreement oleh pekerja CPI ini.

"Terimakasih atas respon positif yang diberikan. Dengan bergabungnya pekerja CPI menjadi keluarga besar Pertamina, maka akan memiliki kesempatan berkarir yang lebih luas di Pertamina Group. Saya yakin, bersama kita dapat menjadi tim yang solid, berkolaborasi dan bersinergi untuk mengembangkan bisnis perusahaan saat ini dan di masa depan untuk menjaga ketahanan energi nasional," ujarnya, Jumat (2/7/2021).

Blok Rokan. Dok Pertamina

[Berita Lengkap...]

 

PT Freeport datangkan 11.000 dosis Vaksin Sinopharm
Publish date: 20 Jul 2021, Author : fpesbsi

PT Freeport Indonesia mendatangkan 11.000 dosis Vaksin Sinopharm tahap pertama untuk melakukan vaksinasi ribuan pekerja dan keluarga mereka di area kerja perusahaan tambang itu di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua. Vice President PT Freeport Indonesia Bidang Hubungan Pemerintah Jonny Lingga di Timika, Jumat, mengatakan 11.000 dosis Vaksin Sinopharm yang merupakan bagian dari Program Vaksinasi Gotong-royong itu sudah tiba di Timika dan akan segera disuntikkan kepada para pekerja dan keluarga mereka.

"Vaksin ini didatangkan secara bertahap. Untuk tahap pertama sudah tiba 11.000 dosis, sedangkan untuk tahap kedua nanti akan didatangkan lagi sebanyak 8.000 dosis, diperkirakan tiga pekan ke depan," jelas Jonny.

Menurut dia, untuk mendapatkan vaksin gotong-royong itu, ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh PT Freeport Indonesia, demikian pun dengan perusahaan-perusahaan dan badan usaha lainnya di Indonesia. Adapun dalam pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan dan keluarga mereka, menurut Jonny, akan dilakukan secara bertahap sesuai ketersediaan vaksin. Manajemen Freeport menargetkan hingga Oktober 2021 seluruh karyawan dan keluarga mereka yang mau divaksin sudah mendapatkan vaksinasi untuk pencegahan penularan COVID-19.

[Berita Lengkap...]

 

Karantina Karyawan PT NHM di Ternate Dimonitor Satgas Covid-19
Publish date: 17 Jul 2021, Author : fpesbsi

Satgas Covid-19 Ternate, Maluku Utara (Malut), memonitor ratusan karyawan pertambangan emas PT Nusa Halmahera Mineral (NHM) yang menjalani karantina setelah terkonfirmasi Covid-19. NHM menyewa sejumlah hotel di Ternate sebagai tempat karantina karyawannya yang positif Covid-19. Kepala Operasional Satgas Covid-19 Ternate, Muhammad Arif Gani mengatakan, pengawasan dilakukan untuk memastikan karyawan NHM tetap melaksanakan protokol kesehatan selama masa karantina. Satgas juga berkoordinasi dengan dinas kesehatan dan pihak perusahaan, untuk menambah petugas tenaga kesehatan di hotel.

 

Puluhan karyawan PT NHM dikawal petugas kesehatan menjalani karantina di Ternate, Senin (28/6/2021). Satgas Covid-19 Ternate mengawasi karantina. Foto: iNews.id/Ismail Sangaji

[Berita Lengkap...]

 

Tak Hanya Isu Perburuhan, FPE KSBSI Sikapi Climate Change dan Just Transition
Publish date: 08 Jun 2021, Author : fpesbsi

Beberapa waktu lalu, Dewan Pengurus Pusat Federasi Pertambangan dan Energi Konfederasi Serikat Buruh Seluruh Indonesia (DPP FPE KSBSI) bersama Willy Balawala perwakilan Solidarity Center Indonesia-Malaysia memfasilitasi workshop ‘Climate Change dan Just Transition’ kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) FPE KSBSI Kabupaten Mimika, di Hotel Horizon Diana, Kota Timika Papua. Pelatihan ini untuk memberikan kesadaran untuk menyikapi dampak kerusakan alam terhadap dunia kerja.

Nikasi Ginting Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP FPE KSBSI mengatakan  dampak perubahan iklim (climate change) sangat mengancam masyarakat dunia. Karena itu, aktivis buruh tidak boleh diam. Tapi harus bergerak melakukan penyelamatan bumi untuk generasi selanjutnya.

“Salah satu aksi kongkritnya, FPE KSBSI bersama Solidarity Center tahun ini melakukan kegiatan edukasi. Dengan mengadakan workshop untuk menyelamatkan bumi dari ancaman perubahan iklim dan menciptakan transisi yang berkeadilan,” ucapnya, di Kantor KSBSI, Cipinang Muara Jakarta Timur, Jumat (4/6/21).

 

Beberapa perwakilan PK dilingkungan PT Freeport, didampingi Sekjen DPP FPE dan perwakilan Solidarity Center, hadir untuk Papua

[Berita Lengkap...]

 

May Day 2021, FPE Gelar Seminar Ketenagakerjaan
Publish date: 08 Jun 2021, Author : fpesbsi

Sebagai bentuk peringatan hari buruh alias May Day 2021, Federasi Pertambangan dan Energi (FPE) menggelar Seminar Ketenagakerjaan dengan tema "pengaruh Omnibus Law terhadap kesejahteraan buruh federasi pertambangan dan energi". Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Sejahtera Mandiri Desa Bahodopi, Sabtu 1 Mei 2021.

Seminar tersebut, dihadiri Perwakilan Dinas Ketenaga Kerjaan Morowali, Andi Imran ST, pihak BPJS ketenagakerjaan Bobitya, Akbar dan Riska.

Selain itu, tampak hadir pula Harto Kambaton selaku perwakilan manajemen PT. IMIP serta Hasrih Sonna selaku Ketua DPC FPE Morowali serta diikuti 50 an orang peserta.

Ketua DPC FPE, Hasrih Sonna dalam laporannya mengatakan, banyak ide-ide kawan-kawan pengurus dan anggota DPC FPE Morowali untuk perayaan may day kali ini, akan tetapi kita memutuskan menggelar seminar dalam rangka perayaan hari buruh sedunia.

"Untuk itu, selaku ketua saya mengucapkan banyak terimaksih kepada teman-teman FPE atas usaha dengan beberapa pihak yang mendukung kegiatan walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih berlangsung dan menjadi pertimbangan," kata Hasrih Sonna.

Federasi Pertambangan dan Energi (FPE) menggelar Seminar Ketenagakerjaan dengan tema "pengaruh Omnibus Law terhadap kesejahteraan buruh federasi pertambangan dan energi" di Hotel Sejahtera Mandiri Desa Bahodopi, Sabtu 1 Mei 2021./Wardi/AKURATNEWS

[Berita Lengkap...]

 

 1